-->

Iklan bawah header

Langkah Awal Untuk Memulai Belajar Pemrograman yang Dilakukan Secara Otodidak

Pemrograman bisa dikatakan sebagai sebuah seni yang menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga bisa terbentuk menjadi suatu program komputer. Untuk belajar pemrograman sebenarnya bisa dikatakan mudah, jika kita melakukannya dengan serius dan ditekuni secara mendalam.

Bisakah belajar pemrograman dilakukan secara otodidak?

Tentu bisa, belajar pemrograman secara otodidak sudah menjadi pilihan bagi beberapa doveloper saat ini.

Mungkin belajar pemrograman secara otodidak di zaman sekarang akan semakin mudah dilakukan. Karena, saat ini kita bisa menemukan banyaknya sumber media untuk belajar pemrograman yang bisa kita akses dengan mudah. Selain itu, informasi yang didapat pun akan lebih cepat dan lebih mudah diterima.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin belajar pemrograman secara otodidak:

1. Tentukan Bahasa Pemrograman yang Ingin Dipelajari

Bahasa pemrograman yang sedang berkembang saat ini sangatlah banyak. Tetapi, tidak semuanya harus kamu pelajari dalam waktu yang bersamaan. Untuk memudahkan kamu dalam mempelajarinya, maka tentukanlah bahasa pemrograman apa yang harus dipelajari terlebih dahulu.

Sesuaikanlah bahasa pemrograman yang akan kamu pelajari dengan kemampuan pemahaman yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam belajar pemrograman dan akan lebih cepat mengerti apa yang sedang dipelajarinya.

Kalau kamu baru saja memulai untuk belajar pemrograman, mungkin kamu bisa memulainya dengan mempelajari HTML dan jika sudah menguasainya kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Jadi, pelajarilah bahasa pemrograman yang paling mudah untuk di pahami.

Jangan cepat puas jika kamu sudah menguasai bahasa pemrograman yang sedang dipelajari, karena belajar pemrograman pun tidak hanya dilakukan dengan cara menguasai satu bahasa pemrograman saja.

Tingkatkanlah kemampuan kamu dengan cara mempelajari bahasa pemrograman yang lebih sulit tingkatannya. Karena dengan begitu, kemampuan yang kamu miliki untuk belajar pemrograman akan meningkat.

2. Carilah Modul atau Sumber yang Menyediakan Tutorial Secara Lengkap

Agar bisa belajar pemrograman dengan benar, kamu harus memiliki sumber yang tepat. Modul yang akan kamu gunakan sebagai bahan untuk belajar pun harus lengkap dan juga tersusun rapi, agar bisa memudahkan dalam proses belajarnya. Sumber belajar secara terpisah dan tidak tersusun dengan rapi akan membuat kamu bingung dan kesulitan dalam memahaminya.

Kita harus mencari sumber atau modul yang benar-benar lengkap dan tersusun rapi. Hal itu dilakukan agar bisa lebih mudah untuk mempraktekan apa yang tengah dipelajari. Usahakan juga untuk mencari modul dari sumber yang jelas agar ilmu yang didapat pun benar-benar mudah untuk dipahami.

3. Buatlah Jadwal untuk Belajar Pemrograman Secara Teratur

Dengan jadwal belajar yang sudah diatur, tentu akan membuat kamu bisa melakukannya secara rutin dan lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan. Setidaknya sediakanlah selama 1-2 untuk belajar pemrograman.

Saat sedang belajar usahakan jangan melakukan hal lain agar bisa tetap fokus untuk belajar pemrograman. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat untuk mengerti dan lebih mudah untuk menyerap setiap materi yang sedang dipelajari.

Agar jadwal yang kamu buat bisa terlaksana dengan baik, kamu bisa menggunakan Google Calender untuk mengingatkan kapan waktunya untuk kamu belajar pemrograman. Jadi, kamu bisa tetap mengingat kapan kamu harus belajar karena sudah diingatkan oleh Google Calender. Atau, juga bisa dengan mengatur jadwal di Devschool.id untuk pembelajaran yang intensif dan terarah.

4. Perbanyak Praktek

Tidak hanya membaca dan menghapal saja, tetapi kamu juga harus mempraktekan apa yang sudah dipelajari. Mungkin kamu perlu mengulangnya hingga beberapa kali agar bisa mengingat dan lebih memahami hal yang sudah kamu pelajari. Tidak akan ada artinya jika kamu hanya membaca modul-modul yang sudah kamu cari sebelumnya.

kalau kamu masih merasa kebingungan dan kesulitan dalam mempraktekannya, kamu juga bisa mencoba untuk mengikuti kegiatan pembelajaran online. Dengan begitu, mungkin kamu akan lebih terbantu dalam proses belajar pemrogramannya.

Dalam belajar pemrograman, kita cukup membaca dan menulis saja.

mengapa?

karena dengan seringnya kita menulis, maka kita akan bisa membuat kode sendiri dan dengan membaca kita bisa memahami kode apa yang telah ditulis oleh orang lain

Tidak perlu banyak bicara, karena yang dibutuhkan programmer itu adalah keahliannya dalam membuat sebuah program, bukan keahlian dalam membual.

5. Jangan Melakukan Copy-Paste

Agar kamu bisa lebih cepat menguasai bahasa pemrograman, hal yang tidak boleh di lakukan pada saat proses pembelajaran adalah Copy-Paste. Jangan selalu terpaku dengan apa yang ada di dalam modul atau tutorial yang ada. Kembangkanlah idemu pada saat proses pembelajaran. Jadi otakmu akan lebih cepat untuk memahaminya dan daya kreativitasmu pun akan semakin meningkat.

Hal yang ditimbulkan dari Copy-Paste pada saat pembelajaran adalah kemampuan kamu yang hanya sebatas seperti di dalam modul pembelajaran dan daya kreativitas kamu pun tidak akan berkembang dalam membuat sebuah program. Pengetahuan yang kamu miliki pun juga akan terbatas karena terlalu terpaku dengan apa yang terdapat di dalam modul.

6. Mencoba Memperbaiki Sendiri

Hal yang terakhir yang harus kamu lakukan adalah mencoba untuk memperbaiki sendiri setiap problem atau masalah yang ada. Hal ini bertujuan agar kamu mampu untuk memperbaiki setiap kesalahan atau debug yang ada jika suatu saat terjadi kesalahan kembali pada program yang sudah kamu buat. Cukup dengan lebih teliti kembali dalam membuat suatu program agar kamu bisa menemukan kesalahan dalam program.

Tetapi, kalau kamu sudah benar-benar merasa kebingungan dan tidak bisa menemukan kesalahan yang ada, kamu bisa menanyakannya pada orang lain yang lebih mengerti. Menemukan solusi sendiri dalam setiap masalah yang kamu temui dalam membuat suatu program dapat melekat lebih lama dalam otak kamu. Selalu mencoba untuk memperbaiki setiap masalah yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel