-->

Iklan bawah header

Pengertian E-Money - Jenis, Manfaat, Kriteria, Keuntungan & Kerugian

Teknologi meruapakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dan berperan besar terhadap kehidupan manusia beserta kebutuhannya. Bahkan hampir setiap kegiatan yang kita lakukan kini sangat dipengaruhi oleh teknologi. Dan beberapa diantaranya ada yang sudah ketergantungan dengan adanya teknologi. Dimana mereka akan mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan saat tidak menggunakan teknologi.

Sekarang teknologi juga sudah mempengaruhi adanya uang digital atau e-money yang kini sudah sangat sering digunakan di Indonesia.

Apa itu E-Money?

Apa Manfaat E-Money?

Untuk lebih jelasnya..

silahkan simak penjelasan dibawah ini..

Pengertian E-money, Jenis, Manfaat, Keuntungan & Kerugian

Untuk yang pertama mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari e-money.

Apa itu E-Money?

Menurut Wikipedia E-Money/uang digital (uang elektronik) merupakan uang yang hanya bisa digunakan dalam transaksi yang dilakukan di internet dengan cara elektronik. Transaksi yang dilakukan pun menggunakan jaringan internet dan sistem penyimpanan harga digital.

Selain itu e-money disebut juga sebagai suatu alat pembayaran yang transaksinya menggunakan media elektronik yakni jaringan komputer dan internet. Nilai uang atau saldo dari nasabah pun tersimpan pada media elektronik atau dompet digital tertentu.

e-money atau uang digital juga sering disebut dengan Digital money, Digital Cash, Electronic Cash, Electronic Currency ataupun Digital Currency.

E-money Bisa dikatakan aman untuk digunakan, bahkan ilmu kriptografi menyebutkan bahwa e-money atau uang elektronik itu sulit untuk dibajak ataupun diretas. Hal ini bisa membuat kamu tak perlu khawatir jika ingin menggunakan uang ini.

Jenis-jenis E-Money

Untuk e-money sendiri terbagi menjadi dua, yakni berdasarkan jenisnya:

  • Prepaid Card

    Prepaid card atau biasa disebut sebagai electronic purches, merupakan e-money yang nilai mata uangnya disimpan pada sebuah chip yang ditanamkan di sebuah kartu. Contoh dari prepaid card ini adalah Mandiri E-Money, Brizzi, BNI Prepaid, dan FIAZZ BCA

  • Prepaid Software

    Prepaid Software atau biasa disebut dengan digital cash, merupakan e-money yang nilai mata uangnya tersimpan di dalam haridisk pada sebuah PC. Untuk bisa memindahkan dananya harus membutuhkan jaringan internet.

Manfaat E-Money

Dengan menggunakan E-Money kita bisa lebih mudah untuk melakukan beragam transaksi dengan mudah dan juga praktis. Berikut ini merupakan manfaat dari penggunaan E-Money:

  • Memberikan kemudahan, kecepatan, dan praktis dalam setiap melakukan berbagai transaksi pembayaran. Membuat kita tidak kesulitan untuk menyiapkan uang tunai dalam transaksi pembayaran.

  • Tidak membutuhkan uang kembalian yang berwujud barang, karena dengan menggunakan E-Money pihak merchant hanya butuh melakukan kliring langsung dengan jaringan komputer.

  • Sangat mudah untuk diaplikasikan karena bisa dipakai untuk berbagai macam transaksi massal bernilai kecil dengan frekuensi tinggi, misalnya seperti membayar tol, parkir, membayar tiket transportasi, fast food dan lainnya.

Kriteria E-Money

E-Money merupakan alat pembayaran, maka tentunya uang elektronik ini mempunyai kriteria agar bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Berikut kriterianya,

  • Nilai yang yang tersimpan pada E-Money merupakan dengan cara elektronik dalam sebuah media seperti server atau chip

  • Dipakai sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan suatu penerbit uang elektronik tersebut

  • Dikeluarkan atas dasar nilai uang yang disetorkan oleh pemegang lebih dulu kepada penerbit

  • Nilai uang E-Money yang disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit bukan sebuah simpanan sebagaimana yang dimaksud dalam perundang-undangan yang mengatur tentang perbankan

Keuntungan E-Money

Penggunaan E-Money tentunya memiliki banyak keuntungan, berikut keuntungan penggunaan E-Money:

  • Transaksi akan menjadi sangat akurat karena diolah oleh komputer dan mesin
  • Kita tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dalam berbelanja atau untuk membayar parkir, dan bisa dipakai pada tempat yang sudah disediakan khusus untuk melakukan pembayaran dengan E-Money tersebut
  • Kamu tidak harus menunggu uang kembalian karena secara otomatis jumlah nominal akan berkurang sebanyak jumlah yang harus dibayarkan
  • Adanya database yang membuat kamu tidak harus mengingat untuk apa saja uang kamu tersebut  terpakai, karena semua transaksi yang kamu lakukan sudah tercatat dan tersimpan di dalam database
  • Proses transaksi menjadi lebih cepat

Kekurangan E-Money

Selain kelebihan, tentunya juga terdapat kekurangan dalam penggunaan E-Money. Berikut Kekurangan dari penggunaan E-Money:

  • Adanya resiko data hilang karena kesalah software
  • Uang yang sudah disimpan dalam E-Money akan hilang jika kamu menghilangkan kartu atau alat yang dipakai untuk menyimpan uang tersebut
  • Riskan untuk dibajak atau diretas karena memakai sistem elektronik dan internet
  • Tidak semua tempat mempunyai alat yang digunakan untuk pemkaian E-Money tersebutdan juga belum semua tempat memberlakukan E-Money di merchantnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel