Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Keyboard Android Keren, Ringan dan Mempunyai Fitur yang Lengkap

Keyboard merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada smartphone. Hampir seluruh aktifitas yang dilakukan pada smartphone android tidak lepas dari peran keyboard, mulai dari menulis, browsing, chatting dan hampir 90% atifitas pada smartphone membutuhkan peran keyboard.

Namun, sebagian dari pengguna android merasa bahwa keyboard bawaan smarthpone mereka terasa membosankan, kurang lengkap, dan bahkan ada yang tidak memiliki emoji, hal ini sering terjadi bagi sebagian pengguna android. Nah untuk mengatasinya, mereka biasanya menginstal aplikasi keyboard dari pihak ketiga melalui google playstore ataupun dari google search.

Sebelum mencoba untuk menginstal aplikasi keyboard, alangkah lebih baiknya Anda membaca referensi berikut mengenai beberapa aplikasi keyboard, Berikut beberapa aplikasinya.

Beberapa Aplikasi Keyboard Android Terbaik

1. Gboard

Gboard

Yang pertama ada Gboard yang merupakan aplikasi keyboard pada smartphone android buatan Google. Dilihat dari namanya saja tentu membuat kita percaya bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang bagus. Seperti yang kita ketahui bahwa tools/aplikasi dari google pastinya sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dan juga sangat memuaskan. Aplikasi Gboard memiliki fitur trace typing yang memudahkan pengguna dalam melakukan pengetikan walaupun hanya dengan menggunakan satu tangan.

2. Go Keyboard

Go keyboard

Go keyboard merupakan aplikasi yang ringan dan juga memiliki banyak emoji. Aplikasi ini memiliki koleksi hingga 800 lebih emoji, emotikon, dan smile yang semuanya bisa digunakan diberbagai aplikasi chatting dan media sosial seperti sms, Whatsapp, Line, Facebook, Instagram, Messenger, pada saat browsing dan masih banyak lagi. Jumlah emoji pada Go keyboard akan terus bertambah dan update setiap saat.

Go keyboard juga memiliki fitur multitouch dan prediks teks yang akurat. Meski mempunyai banyak fitur yang tersedia, Go keyboard masih tetap menjadi salah satu aplikasi yang paling ringan.

Beberapa fitur yang disebutkan diatas hanya tersedia pada versi gratisnya saja, apabila Anda menginginkan lebih banyak fitur lainnya Anda bisa mencoba untuk mengunduh versi berbayarnya/premium.

3. Swiftkey

Keyboard swiftkey

Selain Go keyboard, ada aplikasi lain yang bernama swiftkey. Sebelum banyak aplikasi keyboard yang beredar, aplikasi ini sudah terkenal lebih dulu dibanding aplikasi lain. Dengan total download mencapai 100 juta kali, tentu aplikasi ini sangat dibutuhkan sebagai alternatif pengganti keyboard bawaan smartphone.

Swiftkey memiliki banyak sekali keunggulan diantaranya adalah support banyak bahasa, mempunyai emoji lucu, mempunyai prediksi teks yang sangat akurat, memiliki stabilitas yang tinggi, serta dapat mempelajari tipe tulisan anda di berbagai media sosial.

4. Kika Keyboard

Kika keyboard

Tidak berbeda jauh dengan Go keyboard, kika keyboard juga merupakan salah satu aplikasi keyboard terbaik di android. Dengan banyaknya koleksi emoji, emotikon serta tombol papan yang unik membuat aplikasi ini digemari oleh banyak orang. Seperti swiftkey, kika keyboard juga mendukung banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Kika keyboard juga memiliki ribuan tema dan font yang menarik, serta memiliki gambar gif atau gambar bergerak yang unik.

5. Flash Keyboard

flash keyboard

Flash Keyboard adalah aplikasi keyboard terbaru yang disupport dengan berbagai macam fitur dan multibahasa. Yang menjadikan aplikasi ini berbeda dengan aplikasi keyboard lainnya adalah anda bisa membuat sticker baru sesuai dengan keinginan melalui aplikasi chat. Apabila anda menginginkan fitur yang lebih banyak anda bisa mencoba untuk menggunakan fitur berbayarnya.

6. Touchpal

Touchpal keyboard

Touchpal merupakan aplikasi keyboard yang cukup populer dengan total unduhan lebih dari 50 juta kali di seluruh dunia. Pada tahun 2009 aplikasi ini mendapatkan gelar penghargaan inovasi seluler pada GSMA global mobile award di Barcelona.

Yang membuat aplikasi ini berbeda dengan aplikasi keyboard lainnya adalah anda dapat memasang foto pribadi sebagai background atau latar belakang keyboard dan sudah terintegrasi dengan twitter. Sedangkan untuk fitur lainnya sama saja yakni emoji, emotikon dan tema yang lumayan banyak.

Touchpal juga sudah mendukung lebih dari 70 bahasa, untuk fitur premiumnya anda akan mendapatkan fitur yang lebih canggih dari fitur gratisnya.

7. Cheetah Keyboard

Cheeatah keyboard

Cheetah keyboard memiliki fitur yang sama dengan swiftkey yakni memiliki fitur prediksi kata yang akurat, auto correct dan sebagainya. Papan ketik pada aplikasi ini memang tidak sepopuler keyboard nomor 1-3 pada artikel ini, namun aplikasi ini cukup populer karena mempunyai tampilan yang elegan.

8. My Photo Keyboard

My photo keyboard

Dengan total unduhan hingga 10 juta kali unduh, membuat aplikasi My photo keyboard tidak kalah populer dengan aplikasi lainnya. Seperti namanya, keunggulan dari aplikasi ini anda bisa mengatur dan mengolah background keyboard sesuai keinginan. Namun juga ada kelemahan dari aplikasi ini yakni tidak adanya fitur berbayar dan berisi ilkan.

9. Facemoji Emoji Keyboard

Facemoji emoji keyboard

Meski hanya diunduh sebanyak 10 juta kali, facemoji keyboard masih cukup populer di android. Facemoji memiliki banyak fitur yang menarik seperti jumlah emoji yang mencapai 3500 lebih, pengetikan cepat dan auto correct yang akurat dan juga ada banyak tema yang bisa dicoba. Aplikasi ini hanya tersedia dalam versi gratis dan terdapat iklan didalamnya.

10. Foto Keyboard

Foto keyboard

Foto keyboard merupakan salah satu aplikasi keyboard yang paling ringan dan cepat. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti kamus dalam 30 bahasa, mengubah ukuran dan tata letak keyboard terpisah dan masih ada banyak fitur yang lainnya.

Semua fitur itu dapat anda gunakan secara gratis, tetapi jika anda ingin mencoba fitur yang lebih maka anda bisa mencoba menggunakan versi berbayarnya/premium.

Nah demikianlah artikel lengkap mengenai aplikasi keyboard terpopuler versi offaweb. Semoga dapat membantu anda dalam mencari referensi aplikasi keyboard pada smartphone android.