Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Screen Recorder Android Terbaik dan Terpopuler Saat Ini

Pernahkan anda melihat video rekaman game dan tutorial android di youtube atau jejaring sosial media? Mungkin anda pernah berpikir mengapa video yang mereka buat begitu bagus padahal mereka hanya merekamnya.

Memang kalau anda merekam dengan smartphone lain maka gambar yang dihasilkan kurang bagus. Namun bagi mereka para profesional biasanya merekam layar smartphone android dengan bantuan aplikasi yakni screen recorder. Jadi, semua aktifitas yang terjadi dalam layar akan direkan secara utuh.

Screen recorder ini sering digunakan oleh sebagian orang untuk membuat tutorial dan merekam gameplay permainan saat bermain game. Aplikasi perekam layar ini ada yang memerlukan akses root dan ada yang tidak memerlukan akses root untuk dapat meggunakannya.

Terdapat banyak sekali aplikasi screen recorder mau itu yang memerlukan root ataupun yang tidak memerlukan root. Berikut beberapa aplikasi screen recorder android yang bisa anda gunakan untuk merekam layar.

Aplikasi Screen Recorder Android Terbaik

1. Mobizen

Mobizen

Menurut saya mobizen ini merupakan aplikasi perekam layar yang terbaik. Meskipun smartphone yang saya gunakan sudah memiliki tool screen recorder bawaan, namun fiturnya tidak sebagus mobizen. Penggunaanya pun sangat mudah dan juga simpel, hal itulah yang membuat saya sangat menyukai aplikasi ini

Saya rasa anda juga sependapat dengan saya bahwa mobizen merupakan screen recorder terbaik di android, mengapa demikian? karena selain penggunaannya yang mudah dan simpel, mobizen juga mampu menghasilkan video dengan resolusi hingga 1080p dengan frame rate 60 fps dan juga dilengkapi dengan fitu front-facing camera atau kamera depan.

Jadi, semisal anda sedang melakukan record layar android maka wajah anda juga akan terekam dan anda bisa menunjukan ekspresi wajah anda secara langsung. Selain itu, mobizen juga dapat digunakan tanpa harus me root perangkat android dan kompatibel dengan android versi 4.0 ke atas.

2. AZ Screen Recorder

Az screen recorder

Yang saya sukai dari aplikasi az screen recorder adalah tampilan dashboardnya yang ramah, jadi kita tidak akan bingung saat menggunakan aplikasi ini. Selain itu, terdapat juga sebuah fitur countdown timer di ujung layar android yang berfungsi untuk menampilkan berapa lama anda merekam layar.

AZ screen recorder dapat digunakan tanpa harus melakukan root pada hp, intinya dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa merecord layar android dengan menggunakan banyak kustomisasi yang mengagumkan.

3. Telecine

Sama seperti AZ screen recorder, telecine juga merupakan salah satu perekam layar android terbaik dan bisa digunakan tanpa root. Jadi kita tidak perlu melakukan root pada smartphone untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Selain itu, telecin juga bisa digunakan untuk merecord layar dengan kualitas yang tinggi.

4. REC Screen Recorder HD

Terdapat banyak sekali pengaturan dalam aplikasi screen recorder ini, dengan begitu banyaknya pengaturan tersebut anda tidak akan kerepotan dalam melakukan perekaman layar android. Selain itu, aplikasi REC screen recorder HD dapat digunakan pada smartphone yang tidak di root.

Ada fitur menarik yang diberikan oleh REC screen recorder HD yaitu anda dapat merekan dan menghentikan perekaman hanya dengan menggoyangkan atau mematikan layar (mengunci smartphone).

5. Gameduck

Gameduck

Screen recorder ini lebih cenderung digunakan oleh para gamers untuk merekam gameplay permainan mereka. Mereka menggunakan aplikasi Gameduck screen recorder untuk membuat tutorial game seperti tutorial mobile legends, clash of clan, atau game populer lainnya.

Jika anda sering menjumpai suatu video di youtube yang isinya mengenai game dan terdapat wajah para playernya, kemungkinan mereka menggunakan aplikasi ini untuk merekam video tersebut. Aplikasi ini juga dapat anda gunakan tanpa melakukan root pada perangkat android.

6. One Shoot Screen Recorder

Hasil dari rekaman yang menggunakan aplikasi ini akan terdapat watermarknya, jika anda ingin menghilangkan watermark tersebut maka anda bisa mencoba untuk membeli versi berbayar atau premiumnya. Selain itu aplikasi ini hanya bisa digunakan jika smartphone android yang anda gunakan sudah mendapatkan akses root>

7. Screen Recorder 5+

Menurut sebagian orang, aplikasi screen recorder 5+ hanya dapat digunakan pada smartphone android versi 5.0 atau lolipop ke atas dan bisa digunakan tanpa harus melakukan root pada perangkat android. Intinya screen recorder 5+ ini juga tidak kalah dengan aplikasi yang lainnya.

8. Ilos Screen Recorder

Ilos Screen Recorder

Ada hal yang menarik pada aplikasi ini yakni terdapat fitur yang membuat anda bisa langsung mengupload hasil rekaman ke youtube, google drive, facebook, dropbox dan masih ada yang lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat android yang tidak di root. Selain itu perangkat ini juga bisa digunakan pada perangkat lain seperti widows, mac, dan linux.

9. Unlimited Screen Recorder

Unlimited Screen Recorder

Sama seperti namanya, dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa melakukan perekaman layar tanpa batas waktu. Antarmuka yang friendly membuat aplikasi ini banyak digemari oleh pengguna android. Unlimited screen recorder bisa digunakan tanpa harus melakukan root pada perangkat android.

10. Super Screen Recorder

Tidak kalah dengan aplikasi unlimited screen recorder, aplikasi super screen recorder juga dapat digunakan untuk merekam layar tanpa batas waktu, aplikasi ini juga dapat digunakan tanpa harus melakukan root pada smartphone android.

Nah itulah beberapa aplikasi perekam layar terbaik yang bisa saya rekomendasikan. Perlu diketahui bahwa tidak semua hp android memerlukan perekam layar karena ada beberapa tipe smartphone android tertentu yang memiliki screen recorder bawaan seperti hp saya ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat terutama untuk anda yang sedang mencari perekam layar yang terbaik, semoga anda menemukan perekam layar yang cocok dan pas.