-->

Iklan bawah header

Belajar CSS : Mengenal Selector, Property dan Value CSS

Selector, property dan value

Selector CSS

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa CSS digunakan untuk memanipulasi tampilan dari element HTML, misalnya pada tutorial sebelumnya kita sudah membuat sebuah paragraf yang salah satu bagiannya kita rubah warnanya menjadi warna biru.

Nah disinilah peran dari selector yaitu sebagai deklarasi object (bagian) mana yang akan mendapatkan effect dari CSS. Misalnya kita ingin membuat sebuah paragraf dengan tampilan teksnya berwarna biru, maka selector yang akan kita gunakan adalah tag p karena yang akan kita rubah adalah bagian paragrafnya.

Contoh lainnya misal kita ingin merubah sebuah tabel menjadi warna merah, berarti selectornya adalah tag table, jadi bisa disimpulkan bahwa selector adalah bagian objek dalam sebuah halaman web yang akan diberikan effect dari CSS.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan tag seperti p,table,h1,h2 dan tag-tag lain sebagai selector, atau kita juga bisa menggunakan selector lain seperti class ataupun ID.

Baca Juga: Jenis-jenis Selector CSS

Property CSS

Property CSS adalah jenis style yang digunakan untuk menentukan perubahan pada bagian selector, entah itu perubahan warna, perubahan tinggi, perubahan lebar atau perubahan yang lainnya.

Misalnya kita ingin merubah tampilan teks pada paragraf menjadi warna biru, berarti selector yang akan kita gunakan adalah p, sedangkan untuk property- adalah color, karena yang akan kita rubah adalah warnanya.

Atau contoh lainnya, semisal kita akan merubah ukuran font pada sebuah table menjadi 20 px, maka selector yang digunakan adalah table, sedangkan untuk property adalah font-size karena kita akan merubah ukuran fontnya.

Value CSS

Value CSS adalah nilai dari property, misalnya kita ingin merubah warna teks pada sebuah paragraf, maka selectornya adalah p, property adalah color, sedangkan untuk value atau nilainya dapat berupa red, blue, black, white dan lain-lain sesuai dengan warna yang kita inginkan.

Untuk lebih jelasnya bisa kalian perhatikan pada gambar dibawah ini :

Selector, property dan value

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Selector, Property dan Value pada CSS. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel