-->

Iklan bawah header

Belajar HTML Part 1 - Pengenalan Dasar HTML

Pengenalan dasar HTML

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa dasar untuk membuat website. Maka dari itu bagi kalian yang mau menjadi web developer, kalian wajib untuk mempelajarinya. Pada tutorial kali ini kita akan membahasnya dari Nol hingga kalian bisa membuat halaman HTML sendiri.

Tanpa perlu panjang lebar...

Mari kita mulai!

Apa itu HTML ?

HTML atau HyperText Language adalah bahasa markup standar untuk pembuatan halaman website. Disebut dengan Hypertext dikarenakan didalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, contohnya kita bisa menjadikan text biasa menjadi link. kemampuan text inilah yang dinamakan dengan Hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang dapat dijadikan link.

Disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan markup atau penanda untuk membuat halaman web. Misalnya, text yang berada diantara tanda tertentu akan menjadi miring,  dan jika berada diantara tanda lainnya akan menjadi besar. penanda atau markup inilah yang nantinya di kenal sebagai tag.

Peralatan untuk Belajar HTML

Sebelum memulai untuk belajar HTML, kita harus menyiapkan beberapa alat yang akan digunakan untuk praktik.

Berikut beberapa peralatan yang harus kita siapkan:

1. Teks Editor

Teks editor ini akan kita gunakan untuk menulis kode-kode HTML. Kamu bebas memilih teks editor apa yang ingin kamu gunakan.

sublime text boleh, notepad boleh, Notepad++ juga boleh..

Terserah kalian mau menggunakan teks editor apapun, yang penting bisa digunakan untuk membuat dan menulis dokumen HTML.

2. Web Browser

Web Browser (atau biasa kita sebut dengan browser) adalah sebuah software aplikasi untuk menerima, menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web (wikipedia). Salah satu informasi itu dibuat dalam format HTML. 

Jadi web browser ini akan kita gunakan untuk membuka dokumen HTML. Disini kamu juga bebas mau menggunakan web browser apapun..

Menjalankan File HTML

Setelah memahami pengertian dari HTML, sekarang saatnya untuk kamu mencoba membuat dokumen HTML dan menjalankannya di web browser. Tentunya caranya sangatlah mudah.

Yang pertama kali kita lakukan adalah membuka aplikasi notepad++, atau kita juga bisa menggunakan aplikasi text editor lainnya, lalu ketikkan kode berikut ini:

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
        <head>
              <title> Belajar HTML untuk Pemula</title>
        </head>
        <body>
              <p> Belajar HTML untuk Pemula: Pengenalan Dasar HTML</p>
        </body>
</html>

Setelah itu simpan teks diatas sebagai Belajar.html pada folder BelajarHTML. Selanjutnya, jalankan file Belajar.html dengan cara double klik pada file tersebut, atau juga bisa dengan mengklik kanan->Open With->Firefox..

Struktur Dasar HTML

Struktur dasar pada dokumen HTML terdiri dari tiga bagian yaitu,

  1. Bagian Deklarasi
  2. Bagian HEAD
  3. Bagian BODY

Untuk lebih jelasnya, Mari kita bahas satu persatu:

1. Bagian Deklarasi

Coba perhatikan kode berikut ini:

 <!DOCTYPE html>
<html>
     <head>
          <title>Struktur HTML</title>
     </head>
<body>
     <p>Struktur Dasar HTML</p>
</body>
</html>

Lihatlah contoh diatas, tag yang paling awal ditulis adalah DTD atau DOCTYPE. DTD merupakan singkatan dari Document Type Declaration. Tag deklarasi tersebut berfungsi untuk menyatakan tipe dokumen dan juga versinya. Pada contoh diatas, kita menyatakan dokumen tersebut bertipe HTML dan versinya adalah HTML 5.

Apakah kita boleh untuk tidak menuliskan kode <!DOCTYPE html> ini?

Sebenarnya tidak masalah jika kita tidak menuliskan tag deklarasi tersebut, web browser akan tetap menampilkan dan memproses halaman web kita seperti tidak terjadi apa-apa. Akan tetapi, hal ini tentunya akan melanggar aturan yang dibuat W3C. Selain itu, saat kita tidak menuliskan DTD browser akan menjalankan halaman HTML tersebut pada mode khusus yang disebut dengan quirk mode.

Pada quirk mode ini, browser akan menerjemahkan halaman web sedikit beda dari yang seharusnya. Hal ini dikarenakan web browser menganggap bahwa ketika DTD tidak ditemukan, halaman tersebut kemungkinan halaman web usang. Agar halaman web usang tersebut tampil baik, web browser perlu menggunakan aturan-aturan yang berbeda, yakni: quirk mode.

Selanjutnya, dibawah tag deklarasi terdapat tag pembuka untuk HTML "<html>", tag tersebut wajib ada di setiap dokumen html. Semua kode HTML yang ditulis harus berada di dalam tag ini. Tag html dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>.

2. Bagian HEAD

Bagian HEAD merupakan bagian kepala dari HTML. Bagian ini diawali dengan tag <head> dan diakhiri dengan </head>.  Pada bagian ini umumnya akan berisi berbagai definisi halaman seperti kode CSS, JavaScript, tag meta untuk SEO, tag <title> untuk judul, dan kode-kode lainnya yang tidak tampil di browser.

3. Bagian BODY

Pada bagian inilah semua elemen akan ditampilkan dalam halaman web browser, mulai dari paragraf, tabel, link, gambar, dan lainnya. Sebagian besar waktu kita dalam merancang web akan kita habiskan di dalam tag ini, karena disinilah kita akan lebih banyak menuliskan konten dengan bermacam-macam tag.

Selanjutnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel